Sistem Teknologi Informasi (UTS)

1.      Mengapa memahami konsep sistem teknologi informasi sangat perlu jika seseorang ingin menguasai sistem teknologi informasi? Jelaskan!
Jawab:
Karena, tanpa pemahaman mengenai konsep sistem teknologi informasi dan komponen-komponen yang membentuknya akan mengakibatkan sistem teknologi ini tidak akan mencapai tujuannya.
2.      Jelaskan perkembangan dari Sistem Teknologi Informasi!
Jawab:
Seiring berjalannya waktu ada beberapa perkembangan Sistem Teknologi Informasi dari tahun ke tahun. Jika diamati, setiap satu dekade terjadi perkembangan yang cukup signifikan dari Sistem Teknologi Informasi. Berikut perkembangan dari Sistem Teknologi Informasi:
a.       Tahun 1964: TPS (Transaction Processing System) : digunakan untuk merekamkan data aplikasi bisnis ke dalam basis data yang selanjutnya dari basis data tersebut dihasilkan laporan – laporan.
b.      Tahun 1970: SIM (Sistem Informasi Manajemen) : sistem yang berada di fungsi –fungsi organisasi seperti SIPEM(SI Pemasaran), SIA (SI Akutansi), SIKEU (SI Keuangan), SISDM (SI Sumber Daya Manusia).
c.       Tahun 1970: PCS (Process Control Systems) : Sistem yang digunakan untuk mengendalikan proses produksi supaya efisien dan efektif.
d.      Tahun 1980: DSS (Decision Support Systems) : Sistem interaktif untuk mendukung keputusan yang diambil manajer tingkat menengah.
e.       Tahun 1980: ES (Expert Sistem) : sistem yang berbasiskan pengetahuan seorang pakar untuk memberikan jasa konsultasi.
f.       Tahun 1980: OAS (Office Automation Systems) : Sistem yang memberikan fasilitas pengolahan kata, pengolahan dokumen, penjadwalan, komunikasi dan kolaborasi antar manajer di dalam organisasi.
g.      Tahun 1990: EIS (Executive Information Systems) : Sistem yang digunakan oleh eksekutif puncak untuk dapat menggali data sedetail mungkin secara interaktif.
h.      Tahun 1990: SIS (Strategic Information Systems) : Sistem teknologi informasi yang digunakan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.
i.        Tahun 1990: GIS (Geographic Information Systems) : Sistem teknologi informasi apapun baik itu SIM atau DSS yang menggunakan tampilan peta geografis.
j.        Tahun 1990: GSS (Group Support Systems) : merupakan DSS yang digunakan untuk pengambilan keputusan secara team yang dipercaya akan menghasilkan keputusan yang lebih baik karena adanya sinergi dan kontak sosial di dalam team atau group tersebut.
k.      Tahun 2000: ANN (Artificial Neural Network) : merupakan sistem teknologi informasi yang mencoba meniru kerja dari jaringan saraf otak.
3.      Jelaskan mengapa output yang tidak tepat waktu bukan merupakan informasi. Komponen apa di dalam sistem informasi yang dapat membuat output mrnjadi tepat waktu?
Jawab:
Ketepatan waktu menyatakan usia data yang sesuai dengan upaya pengambilan keputusan, yang artinya informasi tersebut tidak usang ketika sampai ke penerima, sehingga masih ada waktu untuk menggunakan informasi tersebut sebagai bahan pengambilan keputusan. Output yang tidak tepat waktu bukan informasi, karena usia data yang sesuai dengan upaya pengambilan keputusan tersebut sudah ketika sampai ke penerima, sehingga output tersebut tidak dapat lagi dijadikan informasi sebagai bahan pengambilan keputusan.
Komponen dalam sistem informasi yang dapat membuat output menjadi tepat waktu adalah komponen teknologi.
4.      Jelaskan mengapa komponen-komponen dari sistem teknologi informasi harus ada. Bagaimana jika beberapa komponen tidak ada? Bagaimana jika beberapa komponen baru ditambahkan? Jelaskan!
Jawab:
Komponen-komponen dari sistem informasi harus ada karena dalam proses pembuatan suatu sistem informasi dibutuhkan komponen-komponen yang menunjang atau mendukung pembuatan sistem informasi tersebut. Tanpa adanya komponen itu, proses pembuatan sistem informasi tidak bisa dilakukan. Contohnya manusia sebagai komponen sistem informasi, tanpa adanya manusia yang membuat dan menciptakan ide, pembuatan sistem informasi tidak dapat dilakukan meskipun melibatkan sebuah komputer.
Jika salah satu komponen tidak ada, maka proses pembuatan sistem informasi akan terganggu, dalam artian semua komponen-komponen itu saling berhubungan dan membutuhkan satu sama lain, sehingga bila salah satunya tidak ada maka akan mempengaruhi kelangsungan kerja pembuatan sistem informasi secara keseluruhan. Namun, pada prakteknya memang tidak semua sistem informasi mencakup keseluruhan komponen-komponen tersebut. Sebagai contoh, sistem informasi pribadi yang hanya melibatkan sebuah pemakai dan sebuah komputer tidak melibatkan fasilitas jaringan dan komunikasi. Sedangkan, sistem informasi grup kerja yang melibatkan sejumlah orang dan sejumlah komputer, memerlukan sarana jaringan dan komunikasi.

Jika ditambahkan beberapa komponen dalam sistem informasi, akan mempengaruhi kecepatan kerja, kualitas kerja, dan hasil yang diperoleh. Sebagai contoh, bila dalam pembuatan sistem informasi grup kerja hanya dibutuhkan sejumlah manusia dan  sejumlah komputer(hardwarenya) dan sarana jaringan komunikasi maka hasilnya tidak semaksimal dan seefisian bila ditambahkan dengan sistem basis data yang berkaitan dengan penyimpanan data itu sendiri.
5.      Untuk menjalankan peranannya, manajer-manajer di organisasi membutuhkan sistem informasi. Sebutkan sistem-sistem informasi yang dapat digunakan di masing-masing peran manajer.
Jawab:
·         Manajemen Tingkat Atas menggunakan Executive Information System (EIS) dan Office Automation System (AOS) untuk perencanaan strategis
·         Manajemen Tingkat Menengah menggunakan Decision Support System (DSS), Group Support System (GSS), Geographic Information System (GIS), Expert System (ES), Artificial Neural Network (ANN) dan Office Automation System (AOS) untuk penegendalian manajemen.
·         Manajemen Tingkat Bawah menggunakan Transaction Processing System (TPS), ERP, Process Control Systm (PCS) dan Office Automation System (AOS) untuk pengendalian operasi.
6.      Seseorang yang akan membangun sistem informasi di organisasi harus mempertimbangkan terlebih dahulu karakteristeristik dari keputusan manajemen, karakteristik kegiatan manajemen, tipe kegiatan manajemen, tipe informasi dan karakteristik informasinya. Jelaskan hubungan dari aspek-aspek yang perlu diperhatikan tersebut!
Jawab:
Informasi merupakan salah satu sumber daya penting dalam manajemen modern. Banyak keputusan strategis yang bergantung kepada informasi. Manfaat mempertimbangkan terlebih dahulu karakteristeristik dari keputusan manajemen, karakteristik kegiatan manajemen, tipe kegiatan manajemen, tipe informasi dan karakteristik informasi yaitu supaya mengetahui tugas-tugas dan fungsi-fungsi masing-masing level manajemen dalam proses pengolahan dan pengambilan informasi, dan mengetahui aliran arus informasi dalam suatu organisasi.
7.      Sebutkan contoh dari perangkat lunak sistem operasi dan perangkat lunak sistem bahasa!
Jawab:
·         Contoh Perangkat Lunak Sistem Operasi : Microsoft Windows, Linux, OpenBSD, MS-DOS, RedHat.
·         Contoh Perangkat Lunak Sistem Bahasa : Borland C++, Netbeans, Eclipse, Code Blocks, Visual Studio, Android Studio, Qt Creator, Gambas, MonoDevelop.
8.      Menurut Anda, apakah cloud computing dan berikan contohnya!
Jawab:
Cloud Computing adalah kegiatan komputasi di mana sumber daya komputasi mudah untuk didapat dan diakses, mudah digunakan, murah dan langsung dapat dijalankan.
Contoh dari Cloud Computing :
·         Google Drive: Dimana pengguna dapat menyimpan data di media berbasiskan cloud.
·         Chrome OS: Dimana pengguna dapat menjalankan sistem operasi berbasiskan cloud.
9.      Sebutkan dan jelaskan alasan-alasan menggunakan sistem telekomunikasi!
Jawab:
·         Penyampaian informasi di tempat yang berbeda mudah tersampaikan.
·         Lebih efisien dari segi biaya, karena alat-alat yang digunakan untuk telekomunikasi lebih murah.
10.  Jelaskan perbedaan dan persamaan teleprocessing system dengan client server system!
Jawab:
·         Perbedaan
a.       Dalam teleprocessing system semua data disimpan dan semua proses dilakukan oleh komputer pusat, dan terminal-terminal yang dihubungkan ke komputer pusat ini hanya digunakan untuk melakukan pekerjaan input/output saja
b.      Dalam clien server system komputer pusat tidak memproses program aplikasi, tetapi hanya sebagai peneyedia basis data
·         Persamaan
a.       Proses dilakukan oleh komputer pusat



0 Response to "Sistem Teknologi Informasi (UTS)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pendidikan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel