Makalah : Bisnis Intelejen

MAKALAH
BISNIS INTELEJEN



Disusun Oleh:

NAMA            Teguh Heri Purwanto 201453014

PROGDI         : SISTEM INFORMASI
FAKULTAS   : TEKNIK


 



FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena rahmat serta karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarga, para sahabat dan kita sebagai umatnya. Semoga kita semua tetap berada dalam lindungan Allah SWT.

Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran yang membangun guna menyempurnakan makalah yang berjudul "Bisnis Intelejen” dan dapat dijadikan acuan dalam menyusun makalah–makalah atau tugas – tugas selanjutnya. Penulis juga memohon maaf apabila dalam penulisan makalah ini terdapat kesalahan pengetikan dan kekeliruan yang sama sehingga membingungkan pembaca dalam memahami maksud. Akhirnya penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat dan dapat dipergunakan dengan sebagaimana mestinya.


Kudus, 11 September 2016



Daftar Isi
Kata Pengantar........................................................................................................... 2
Daftar Isi.................................................................................................................... 3
BAB I Pendahuluan
1.      Latar Belakang............................................................................................... 4
2.      Rumusan Masalah.......................................................................................... 5
3.      Tujuan............................................................................................................ 5
BAB II Pembahasan
1.      Pengertian Bisnis Intelegent.......................................................................... 6
2.      Komponen dalam Bisnis Intelegent............................................................... 6
3.      Manfaat menerapkan Bisnis Intelegent dalam perusahaan............................ 7
BAB III Penutup
1.      Kesimpulan.................................................................................................... 9
Daftar Isi.................................................................................................................... 10





BAB I
Pendahuluan
1.      Latar Belakang
Kemajuan teknologi informasi yang sangat cepat membuat semua lini pekerjaan manusia di gerakkan dengan teknologi dan informasi. Hampir semua kegiatan manusia dikerjakan dengan bantuan teknologi. Seperti halnya  dunia bisnis, bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. . Dengan adanya teknologi akan mempermudah bisnis yang dijalani  seperti halnya jangkauan dengan client sangat cepat. Maka dari itu kita mengenal adanya bisnis intelegent, yaitu sekumpulan teknik dan alat untuk mentransformasi dari data mentah menjadi informasi yang berguna dan bermakna untuk tujuan analisis bisnis.
Teknologi BI dapat menangani data yang tak terstruktur dalam jumlah yang sangat besar untuk membantu mengidentifikasi, mengembangkan, dan selain itu membuat kesempatan strategi bisnis yang baru. Tujuan dari BI yaitu untuk memudahkan interpretasi dari jumlah data yang besar tersebut. Mengidentifikasi kesempatan yang baru dan mengimplementasikan suatu strategi yang efektif berdasarkan wawasan dapat menyediakan bisnis suatu keuntungan pasar yang kompetitif dan stabilitas jangka panjang.
Teknologi BI menyediakan riwayat, pandangan sekarang dan prediksi dari operasi bisnis. Fungsi-fungsi umum dari teknologi inteligensi bisnis adalah pelaporan, pemrosesan analisis daring, analitis, penggalian data, penggalian proses, pemrosesan kejadian kompleks, manajemen performansi bisnis, pengukuran, penggalian teks, analitis prediktif dan analitis preskriptif.
Sebuah bisnis yang tidak menggunakan “bisnis intelegent” tidaklah sebuah perusahaan yang buruk, akan tetapi  apabila perusahaan tersebut menggunakan bisnis intelegent akan memajukan bisnis yang mereka  jalani, hal tersebut dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat.
Dari penjelasan diatas kita mengetahui bahwa bisnis intelegent sangat membantu pebisnis dalam melakukan bisnis yang dilakoninya. Maka dari itu, penulis bermaksud untuk mengangkat judul bisnis intelegent, dengan adanya makalah ini diharapkan dapatt membantu masyarakat dalam memajukan pergerakkan bisnis mereka.

2.      Rumusan Masalah
1.      Apakah yang dimaksud Bisnis Intelejen?
2.      Apa saja komponen dalam bisnis intelegent?
3.      Apakah manfaat menerapkan bisnis intelegent dalam perusahaan?
3.      Tujuan
1.      Membantu perusahaan dalam memahami pentingnya bisnis intelegent
2.      Memahami kegunaan bisnis intelegent dalam dunia bisnis
3.      Menyelesaikan tugas Bisnis Intelegent



BAB II
Pembahasan
1.      Pengertian Bisnis Intelegent
Business Intelligence adalah sekumpulan teknik dan alat untuk mentransformasi dari data mentah menjadi informasi yang berguna dan bermakna untuk tujuan analisis bisnis. Teknologi BI dapat menangani data yang tak terstruktur dalam jumlah yang sangat besar untuk membantu mengidentifikasi, mengembangkan, dan selain itu membuat kesempatan strategi bisnis yang baru. Tujuan dari BI yaitu untuk memudahkan interpretasi dari jumlah data yang besar tersebut. Mengidentifikasi kesempatan yang baru dan mengimplementasikan suatu strategi yang efektif berdasarkan wawasan dapat menyediakan bisnis suatu keuntungan pasar yang kompetitif dan stabilitas jangka panjang.

Teknologi BI menyediakan riwayat, pandangan sekarang dan prediksi dari operasi bisnis. Fungsi-fungsi umum dari teknologi inteligensi bisnis adalah pelaporan, pemrosesan analisis daring, analitis, penggalian data, penggalian proses, pemrosesan kejadian kompleks, manajemen performansi bisnis, pengukuran, penggalian teks, analitis prediktif dan analitis preskriptif.

BI dapat digunakan untuk mendukung sejumlah besar keputusan bisnis mulai dari operasi sampai strategis. Keputusan operasi termasuk penempatan dan harga produk. Keputusan strategis termasuk prioritas, tujuan dan arah pada tingkat yang lebih luas. Pada semua kasus, BI lebih efektif bila digabungkan dengan data yang didapat dari pasar tempat perusahaan beroperasi (data eksternal) dengan data dari sumber internal bisnis perusahaan seperti data operasi dan finansial (data internal). Bila digabungkan, data eksternal dan internal bisa menyediakan gambaran yang lebih lengkap, yang efeknya, menciptakan "inteligensi" yang tidak dapat diturunkan dari kumpulan data tunggal manapun.

2.      Komponen dalam Bisnis Intelegent
a.       Inteligensi Bisnis dibangun dari sejumlah komponen termasuk:
b.      Alokasi dan agregasi multidimensi
c.       Denormalisasi, penandaan dan standarisasi
d.      Pelaporan seketika dengan peringatan analitis
e.       Sebuah metode antarmuka terhadap sumber data tak terstruktur
f.       Perkiraan konsolidasi grup, anggaran dan perpindahan (pegawai)
g.      Inferensi statistik dan simulasi probabilitas
h.      Optimisasi kunci indikasi performansi
i.        Pengontrolan versi dan manajemen proses
j.        Manajemen item terbuka

3.      Manfaat menerapkan bisnis intelegent dalam perusahaan
1.      Meningkatkan Profit
Mengapa dapat meningkatkan profit? Bagi perusahaan atau organisasi yang mengimplementasikan Business Intelligence, dapat membantu pebisnis dalam mengevaluasi para pelanggannya. Dengan Business Intelligence, perusahaan dapat mengetahui pelanggannya, berapa pelanggan yang kita punyai, apakah pelanggan dapat menghasilkan keuntungan secara jangka panjang atau pelanggan tersebut hanya menguntungkan dalam jangka pendek saja. Dengan Business Intelligence pebisnis memanfaatkan keuntungan ini, pebisnis dapat meningkatkan layanannya untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan dari pelanggan. Maka dengan demikian pelanggan pun akan puas akan pelayanan yang diberikan dan menjadikan nilai lebih bagi perusahaan yang mengimplementasikan Business Intelligence, secara otomatis juga profit perusahaan semakin meningkat.


2.      Menurunkan Biaya
Dalam mengimplementasikan Business Intelligence dalam suatu perusahaan atau organisasi, secara tidak langsung akan menurunkan beberapa biaya yang juga menjadi beban bagi organisasi tersebut. Seperti menurunkan biaya operasional yang berlebih, biaya pencarian pelanggan baru, karena dengan Business Intelligence perusahaan dapat mengetahui informasi pelanggan lama yang berpotensial dalam perusahaan, cukup meningkatkan pelayanan kepada tersebut, dibandingkan kita harus mengeluarkan biaya untuk pelanggan baru yang kita belum mengenal potensi pelanggan baru. Business Intelligence dapat membantu mengevaluiasi biaya organisasi yang dikeluarkan.

3.      Meningkatkan Pemasaran
Di dalam persaingan bisnis yang semakin memanas, banyak perusahaan besar menerapkan Business Intelligence untuk bertahan dalam persaingan bisnis karena dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi, menganalisis pelanggan. Dengan demikian pula perusahaan dapat mengetahui pangsa pasar yang produktif serta menguntungkan bagi  perusahaan, sehingga perusahaan dapat tetap bartahan dalam mempertahankan pasarnya bahkan memperluas pemasarannya. Ini menjadikan suatu strategi bagi perusahaan tersebut.

4.      Mempermudah Pengambilan Keputusan
Business Intelligence sering kali digunakan untuk membantu dalam pengambilan keputusan. Business Intelligence memanfaatkan dan menganalisis data, informasi dan pengetahuan untuk memberikan nilai tersendiri bagi perusahaan serta membantunya dalam pengambilan keputusan. Business Intelligence mampu memberikan solusi melalui informasi yang diperoleh dari perusahaan itu sendiri. Suatu data yang pada awalnya tidak dapat membantu dalam pengambilan keputusan, dengan Business Intelligence data atau informasi yang ada dapat di terintegrasikan dan mudah dimengerti. Dengan demikian, Business Intelligence membantu perusahaan agar dapat mengambil keputusan yang tepat karena pemanfaatan informasi yang baik



BAB III
Penutup
1.      Kesimpulan
Bisnis intelegent merupakan sekumpulan teknik dan alat untuk mentransformasi dari data mentah menjadi informasi yang berguna dan bermakna untuk tujuan analisis bisnis. Teknologi BI dapat menangani data yang tak terstruktur dalam jumlah yang sangat besar untuk membantu mengidentifikasi, mengembangkan, dan selain itu membuat kesempatan strategi bisnis yang baru. Tujuan dari BI yaitu untuk memudahkan interpretasi dari jumlah data yang besar tersebut. Mengidentifikasi kesempatan yang baru dan mengimplementasikan suatu strategi yang efektif berdasarkan wawasan dapat menyediakan bisnis suatu keuntungan pasar yang kompetitif dan stabilitas jangka panjang. Dengan menerapkan Bisnis intelegent dalam perusahaan  maka akan memudahakan jalannya perusahaan dan memudahkan pekerjaan pekerja/pebisnis yang menggunakannya.




Daftar Pustaka

Wikipedia.org

0 Response to "Makalah : Bisnis Intelejen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pendidikan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel