Proposal Usaha Panti Ice Cream

RINGKASAN EKSEKUTIF
Panti Ice Cream merupakan jenis usaha kuliner yang mengusung es krim sebagai produk. Berbeda dengan es krim yang ada pasar yang memanfaatkan buah sebagai perisa, Panti Ice Cream menawarkan varian rasa baru yaitu rasa sayuran. Sayuran yang digunakan adalah sayuran yang langsung dibeli dari tangan pertama atau petaninya langsung, selain akan mendapatkan harga yang lebih murah hal tersebut akan menjaga kesegaran sayuran itu sendiri.
Perusahaan ini didirikan untuk menjawab kebutuhan masyarakat terkait pola hidup instan yang ada dimasyarakat. Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3713-1995), es krim adalah sejenis makanan semi padat yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim atau dari campuran susu, lemak hewani maupun nabati. Es krim pertama dikenal luas oleh pelanggan yaitu dari image bahwa es krim dinikmati sebagai lambang cinta dan persahabatan.
Usaha ini terletak di Jl. Kampus UMK Godang Manis Kec. Bae Kab. Kudus, hal tersebut dikarenakan banyak mahasiswa maupun pelajar sekitar kampus dan juga suasana yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.
Target pasar Panti Ice Cream adalah masyarakat yang ingin hidup sehat akan tetapi sulit lepas dari pola hidup instan. Selain itu, daya tarik es krim dengan varian rasa baru akan menarik perhatian para remaja. Sebenarnya segmen pasar dari Panti Ice Cream tidaklah bertumpu pada batasan usia, setiap orang dapat menjadi target pasar dari Panti Ice Cream karena tidak ada batasan usia untuk makan es krim.
Setiap satu bulan sekali  Panti Ice Cream akan akan menghadirkan seorang model/orang berpengaruh dalam acara Ngobrol Bareng. Model tersebut akan berbagi cerita kepada pelanggan mengenai perjalanan hidupnya.
Selain itu setiap malam minggu Panti Ice Cream menyediakan panggung stand up untuk semua orang yang ingin berbagi cerita lucunya, untuk para pelanggan yang datang dan membeli produk dari Panti Ice Cream. Panggung stand up ini dimulai pukul 20:00, akan tetapi Stand Up Night ini akan tutup saat Ngobrol Bareng. Setiap malam minggunya para pelanggan akan dihibur oleh 5 orang comic.





BAB I PENDAHULUAN

   1.      Latar Belakang
Manusia  modern,   umumnya   menginginkan   segala   sesuatunya bisa   direngkuh   secara instan atau cepat. Makanan misalnya, kalau bisa secepat mungkin makanan tersebut dapat segera disajikan dan dinikmati. Sekarang ini banyak sekali makanan yang telah dikemas kedalam bentuk yang berbeda agar dapat memudahkan konsumen untuk menikmatinya, mie instan misalnya, sudah banyak yang menyediakan rasa yang bervariasi, baik dari rasa daging maupun rasa sayuran. Hal tersebut dikarenakan pola hidup manusia yang menginginkan     segala sesuatu   yang   serba   cepat.  Bahkan, sekarang sudah banyak yang  telah meninggalkan makanan yang bersumber dari sayuran yang dimasak terlebih dahulu dan beralih kemakanan instan. Mereka berdalih makanan instan lebih cepat dan mudah untuk dinikmati daripada harus memasak makanan tersebut terlebih dahulu.
Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan  asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal. Istilah "sayuran" tidak diberi batasan secara ilmiah. Kebanyakan sayuran adalah bagian vegetatif dari tumbuhan, umumnya daun (juga beserta tangkainya), tetapi dapat pula batang yang   masih   muda   (misalnya  rebung)   atau  bonggol   umbi.
Kekurangan mengkonsumsi sayuran dapat menyebabkan banyak penyakit, diantaranya : (1) Kanker usus, (2) Kekurangan vitamin, (3) Masalah pencernaan, (4) Penyakit kulit, dan masih banyak yang  lainnya. Salah   satu   solusi   agar   masyarakat   mau   mengkonsumsi   sayuran adalah   dengan   cara membuat variasi yang berbeda. Salah satunya adalah dengan es krim sayuran. Es krim sayuran merupakan variasi es krim yang memanfaatkan sayuran sebagai perisanya. Es krim ini menawarkan beberapa   rasa   diantaranya   rasa   bayam,   wortel,   tomat, mentimun, dan   masih   banyak lainnya.
Es krim sayuran ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Dalam es krim tomat sendiri memiliki banyak kandungan gizi, salah satu senyawa yang paling banyak terkandung didalam buah tomat yaitu likopen. Likopen adalah senyawa yang memberikan warna merah pada buah tomat. Likopen berperan sebagai senyawa antioksidan, mengurangi kolesterol, dan mampu melindungi tubuh dari kanker, terutama ancaman kanker prostat yang terjadi pada pria. Zat-zat lain yang terdapat pada tomat adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, B1, B2, B3, dan C, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, serat, dan air.

Panti Ice Cream didirikan untuk menjawab kebutuhan masyarakat terkait pola hidup instan yang ada dimasyarakat. Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3713-1995), es krim adalah sejenis makanan semi padat yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim atau dari campuran susu, lemak hewani maupun nabati. Es krim pertama dikenal luas oleh pelanggan yaitu dari image bahwa es krim dinikmati sebagai lambang cinta dan persahabatan.
Oleh karena itu, Panti Ice Cream sangat cocok sebagai tempat yang mendukung suasana keceriaan hati tersebut. Usaha ini terletak di dekat kampus UMK, hal tersebut dikarenakan banyak mahasiswa maupun pelajar sekitar kampus dan juga suasana yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, keberadaan Panti Ice Cream mampu menyerap perhatian pengunjung potensial. Diharapkan     Panti Ice Cream  ini  dapat memberikan      solusi  kepada    masyarakat dalam   hal kekurangan vitamin nabati.

   2.      Deskripsi Usaha dan Produk
Panti Ice Cream merupakan jenis usaha kuliner yang mengusung es krim sebagai produk. Berbeda dengan es krim yang ada pasar yang memanfaatkan buah sebagai perisa, Panti Ice Cream menawarkan varian rasa baru yaitu rasa sayuran. Sayuran yang digunakan adalah sayuran yang langsung dibeli dari tangan pertama atau petaninya langsung, selain akan mendapatkan harga yang lebih murah hal tersebut akan menjaga kesegaran sayuran itu sendiri.
Produk yang ditawarkan dalam Panti Ice Cream adalah inovasi es krim yang memanfaatkan sayuran sebagai perisanya. Sekarang kami memiliki 6 pilihan rasa, yaitu rasa wortel, rasa tomat,rasa timun, rasa bayam, rasa sawi + tape, dan rasa jahe + coklat. Masing-masing rasa mempunyai karakteristik sendiri dan inovasi yang hampir sama dalam pembutannya. Panti Ice Cream pada tiap bulannya memproduksi 1000 cup untuk tiap varian rasa. Saat ini kami ada 6 varian rasa berarti ada 6000 cup pada tiap bulannya. Diharapkan es krim ini dapat memberikan solusi kepada masyarakat dalam hal kekurangan vitamin nabati.



BAB II ANALISIS PASAR

   1.      Target Pasar
Hidup sehat adalah adalah keinginan setiap manusia. Ada pepatah yang mengatakan bahwa harta yang termahal bukanlah emas dan permata melainkan sehat itu sendiri. Tidak ada manusia yang ingin sakit dalam dunia ini. Akan tetapi, hal tersebut berbanding terbalik dengan pola hidup instan yang ada dimasyarakat saat ini. Tawaran makanan instanpun banyak seakan meraja lela dan terus berkembang biak.
Target pasar Panti Ice Cream adalah masyarakat yang ingin hidup sehat akan tetapi sulit lepas dari pola hidup instan. Selain itu, daya tarik es krim dengan varian rasa baru akan menarik perhatian para remaja.
Sebenarnya segmen pasar dari Panti Ice Cream tidaklah bertumpu pada batasan usia, setiap orang dapat menjadi target pasar dari Panti Ice Cream karena tidak ada batasan usia untuk makan es krim.
  
   2.      Strategi Pemasaran
Panti Ice Cream memiliki beberapa strategi dalam pemasaran produk yang dimiliki diantaranya :
1.      Menggunakan Web profil
Webprofil akan memberikan sebuah link kepada masyarakat agar dapat melihat profil dari perusahaan dan juga produk-produk yang Panti Ice Cream tawarkan.
2.      Melalui media sosial
Media sosial adalah sarana yang sangat cocok sebagai media pemasaran, pasalnya dizaman yang sudah serba maju seperti sekarang ini tidak ada yang tidak memiliki media sosial, dari anak SD sampai orang tua sudah memilikinya. Dengan posting foto yang disertai deskripsi singkat berkala akan menarik perhatian likers didunia maya, para likers inilah yang akan mengenal dan membeli produk yang kita tawakan. Selain foto dan deskripsi juga dapat posting link agar viewer dapat menuju webprofil yang dimiliki.
3.      Pesan antar
Panti Ice Cream menyediakan layanan pesan antar bagi pelanggan yang malas untuk pergi keluar Panti. Akan tetapi pesan antar ini hanya berlaku untuk jumlah dan jarak tertentu dan ditambah plus ongkir.
4.      Menjual ke pengepul
Jumlah produksi es krim yang banyak belum tentu dapat habis di sebuah tempat saja, maka dari itu dengan adanya pengepul dapat membantu dalam menghabiskan jumlah es krim yang diproduksi dan juga Panti Ice Cream dapat menambah stok es krim apabila kurang.
5.      Membuat desain interior bertemakan anak remaja dan full music
Es krim identik dengan anak muda, dengan design interior yang menarik akan menarik banyak pemuda untuk berkunjung ke Panti Ice Cream, sedangkan musik yang diputar akan membuat suasana lebih asik, penunjung juga dapat request lagu yang diinginkan.
6.      Menghadirkan model/orang berpengaruh sebagai penarik pelanggan
Panti Ice Cream akan menghadirkan seorang model/orang berpengaruh setiap bulan sekali dengan acara Ngobrol Bareng. Model tersebut akan berbagi cerita kepada pelanggan mengenai perjalanan hidupnya.
Hal tersebut  akan menarik pelanggan agar membeli produk dari Panti Ice Cream. Bagi pelanggan yang datang dapat berfoto dengan model tersebut. Dalam acara ini pelanggan tidak dipunggut biaya apapun, akan tetapi harus membeli es krim dari Panti Ice Cream.
7.      Stand Up Night
Setiap malam minggu Panti Ice Cream menyediakan panggung stand up untuk semua orang yang ingin berbagi cerita lucunya untuk para pelanggan yang datang dan membeli produk dari Panti Ice Cream. Panggung stand up ini dimulai pukul 20:00, akan tetapi Stand Up Night ini akan tutup saat Ngobrol Bareng. Setiap malam minggunya para pelanggan akan dihibur oleh 5 orang comic.
Comic yang ingin perform terlebih dahulu daftar ke pihak Panti Ice Cream, mereka tampil bukan semata tampil akan tetapi setiap orang yang perform akan mendapatkan Rp. 100.000 dari Panti Ice Cream, dengan catatan harus lucu, sedangkan untuk MC juga akan mendapatkan Rp. 100.000 peracara.
Dalam Stand Up Night ini pelanggan tidak dipunggut biaya apapun, akan tetapi harus membeli es krim dari Panti Ice Cream.

   3.      Resiko dan Kendala Bisnis
Setiap rencana yang telah dibuat belum tentu rencana tersebut berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan, pasti ada resiko dan kendala yang dialami.
Dalam Panti Ice Cream ada beberapa resiko yang dihadapi yaitu target penjualan tidak sesuai. Produk yang bersifat makanan sangat rentang terhadap jangka waktu, apabila es krim tersebut tidak mencapai target dapat dipastikan es krim akan basi. Cara untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan mengurangi jumlah produksi dari varian rasa yang kurang laku dan memperbanyak produksi varian rasa yang banyak dipesan, hal tersebut memperbaiki pemasukan perusahaan terhadap tidak lakunya suatu varian rasa, selain itu juga akan menyetornya ke pengepul.
Rasa yang ditawarkan oleh Panti Ice Cream adalah rasa baru atau berbeda denngan apa yang ada di pasaran jadi tidak semua orang tertarik, ketidak tertarikan masyarakat akan kami undang dengan serangkaian acaara yang Panti Ice Cream adakan seperti Ngobrol Bareng dan Stand Up Night, dalam acara tersebut masyarakat diharuskan membeli produk yang kami tawarkan, apabila banyak yang suka dapat dipastikan mereka akan kembali lagi untuk membeli.
Es krim merupakan makanan yang memiliki sifat dingin, kebanyakan es krim hanya dimakan dalam keadaan panas saja, kalau ada yang memakan es krim dalam suasana dingin pasti hanya sedikit saja, untuk mengatasi hal tersebut Panti Ice Cream membuat varian rasa yang akan memberikan nuansa hangat yaitu rasa jahe + coklat. Dan saat malam hari Panti Ice Cream akan dilengkapi dengan api ungun di bagian tengah agar suasana di Panti Ice Cream menjadi hangat, api ungun tersebut akan didesain sedemikian rupa agar tidak membahayakan pelanggan dan tidak membakar Panti Ice Cream.

4.      Target Penjualan atau Keuntungan
Panti Ice Cream merupakan jenis usaha baru dan belum banyak dikenal masyarakat, apalagi kami menawarkan rasa baru yang belum tentu masyarakat familiar dengan rasa tersebut. Jadi satu tahun pertama kami hanya mengambil keuntungan sedikit saja, satu tahun pertama kami gunakan untuk menarik pelanggan ke Panti Ice Cream. Apabila dalam satu tahun tersebut jumlah pelanggan yang dimiliki oleh Panti Ice Cream sudah banyak kami mulai untuk menaikan harga.
Untuk varian rasa Tomat dihargai dengan Rp. 4000, rasa Wortel Rp. 4000, rasa Bayam Rp. 3000, rasa Timun Rp. 3000, rasa Jahe + Coklat Rp. 4000, dan rasa Sawi + Tape 4000. Setiap varian rasa tersebut akan diproduksi sebanyak 1000 cup, jadi setiap bulannya akan memproduksi sekitar 6000 cup es krim. Prediksi yang kami lakukan di tahun pertama Panti Ice Cream akan mendapatkan keuntungan sekitar Rp. 16000000, dengan keuntungan tiap bulan sekitar Rp. 800000. Ditahun kedua akan menaikan Rp. 500 untuk setiap varian rasa dan seterusnya.

5.      Sumber Dana dan Target Kembali Modal
Modal materiil merupakan salah satu modal utama dalam merintis sebuah usaha, apalagi usaha yang membutuhkan support dana besar. Dalam merintis usaha Panti Ice Cream ini kami mendapatkan dana dari peminjaman dari bank, sedangkan target kembali modal yang kami targetkan adalah sekitar 2,5 tahun. Hal tersebut berdasarkan perhitungan pemasukan dan pengeluaran dari Panti Ice Cream.



BAB III ANALISIS SDM DAN PRODUKSI

1.      Manajemen SDM
Manajemen sumber daya manusia, adalah suatu ilmu atau cara untuk mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif, karyawan. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis. Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi,dll..
Unsur MSDM adalah manusia. Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktik manajemen yang memengaruhi secara langsung sumber daya manusianya.
Dalam Panti Ice Cream memiliki struktur organisasi sebagai berikut :
 








Gambar 1.1 : Struktur organisasi Panti Ice Cream
Berdasarkan gambar diatas dapat dijabarkan masing-masing tugas dan tanggungjawab dari setiap jabatan yaitu sebagai berikut :
1.      General Manager
a.       Bertanggungjawab atas jalannnya perusahaan
b.      Memantau kinerja setiap bagian yang ada dalam perusahaan
c.       Memberikan dan menerima masukkan terhadap kinerja perusahaan
2.      Accounting Management
a.       Membuat laporan hasil kinerja perusahaan
b.      Meninjau hasil perhitungan agar tidak terjadi kesalahan perhitungan
c.       Memberikan laporan kepada GM menegnai aliran cash flow perusahaan dan laporan laba rugi yang dibuat setiap bulan.
3.      Operator Mesin
Menjalankan dan memperbaiki mesin-mesin yang ada diperusahaan
4.      Bag. Pemasaran dan penjualan
a.       Mendistribusikan produk yang ada ke pemasok-pemasok yang dimiliki
b.      Mempromosikan produk yang diproduksi oleh perusahaan agar produk dari perusahaan laku banyak.
c.       Membuat sebuah gebrakan atau ide baru untuk memajukan perusahaan
d.      Mendiskusikan ide baru dengan GM, apakah ide tersebut dapat dijalankan atau tidak
e.       Mempromosikan produk melalui website maupun media sosial yang dimiliki perusahaan
5.      Bag. Produksi
a.       Memproduksi atau membuatproduk dari peruahaan
b.      Menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam produksi
6.      Palayan
a.       Malayani pelanggan yang datang ke Panti Ice Cream
b.      Menyiapkan pesanan yang dipesan oleh pelanggan

2.      Managemen Produksi
a.       Bahan baku pembuatan es krim diantaranya : gula, tepung maizena, krim vanila, susu kental manis, susu murni, air, cup, wortel, timun, tomat, bayam, jahe, coklat, sawi, dan tape.
b.      Aset tetap yang ada dalam Panti Ice Cream antara lain : kipas angin (20), sound sistem, mic, laptop, gedung, blender (4), freezer(6), mesin ice cream, karyawan, meja, dan kursi.
c.       Pemasok Bahan Baku
Di Panti Ice Cream yang memasok bahan baku yang dibutuhkan adalah petani, jadi selain mendapatkan harga yang murah juga mendapatkan bahan yang masih segar.

0 Response to "Proposal Usaha Panti Ice Cream"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pendidikan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel