Menjadi Technopreneur dengan Internet Marketing

Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan manusia dalam mengakses data dan informasi yang dibutuhkan. Dengan teknologi sekarang manusia dapat melakukan banyak hal hanya dengan duduk didepan PC atau gadget. Banyak yang memanfaatkan kemudahan yang ada sebagai ladang bisnis, walaupun tidak sedikit yang terjerumus kedalam “lubang hitam”.
Ilustrasi :Pemanfaatan Teknologi sebagai enterpreneur (istimewa)
Mungkin masih ada yang asing dengan kata Technopreneurship.
Technopreneurship berasal dari dua suku kata yaitu Technology dan Entrepreneurship. Teknologi dalam hal ini yang dimaksud adalah dengan memanfaatkan alat-alat canggih yang berbasis teknologi. Sedangkan entrepreneurship merupakan orang yang melakukan sebuah kegiatan bisnis atau wirausaha yang menjalankan bisnisnya secara mandiri. Jika dari kedua pengertian tersebut digabung maka technopreneurship memiliki arti membangun dan menjalankan sebuah usaha dengan memanfaatkan teknologi dalam segala aktivitasnya guna mengembangkan bisnis/usaha tersebut.
Kudus(03/05) Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (Himapro SI) menyelenggarakan agenda Kuliah Tamu bertemakan Peningkatan Technopreneurship Mahasiswa melalui Internet Marketing. Agenda yang dilaksanakan di Aula Masjid Univeristas Muria Kudus itu dihadiri oleh mahasiswa semester 4 dan 6, beberapa dosen yang sedang tidak mengajar, dan tentunya R.Rhoedy Setiawan, M.Kom selaku Ka Progdi Sistem Informasi dan juga Mohammad Dahlan, ST, MT selalu dekan Fakultas Teknik.
Agenda yang dimulai sekitar pukul 09:00 WIB itu dibuka oleh Band besutan mahasiswa sistem informasi yaitu SIKustik BAND dengan lantunan akustik yang apik. Sambutan pertama dimulai oleh ketua Himapro Sistem Informasi Ulya Fathurrohman. Mahasiswa semester 6 ini mengatakan bahwa tema yang diangkat sangatlah cocok karena kita tahu bahwasannya Nabi Muhammad dahulunya juga hidup dengan berdagang. Sedangkan dekan Fakultas Teknik Mohammad Dahlan, ST, MT dalam sambutannya menuturkan bahwa jika suatu negara ingin ekonominya stabil maka minimal 30% warganya adalah pengusaha, sedangkan di Indonesia baru 11%.
Dalam kuliah tamu kali ini menghadirkan Aryo Saloko sebagai pembicara. Salah satu jebolan Univeristas Muria Kudus Progdi PBI menceritakan perjalanan kariernya selama beberapa tahun kebelakang dari awal hingga beliau sukses seperti sekarang, selain itu pria bergelar S.Pd ini juga memberikan materi tentang internet marketing kepada para audience.
Lalu apakah itu internet marketing?
Internet marketing merupakan segala upaya yang dilakukan untuk  melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet(id.wikipedia).
Sedangkan menurut Aryo Saloko berpendapat bahwa internet marketing merupakan jualan melalui internet atau pemasaran online melalui internet. Namun, dalam beberapa hal ini tidak menghubungkan internet marketing hanya dengan toko online atau e-commerce saja. Contoh lain dari internet marketing adalah para Blogger, Youtuber, Facebooker, dll.
Blogger yang menetap di Kudus itu menjelaskan, untuk mendapatkan pundi-pundi uang melalui internet, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah Passion atau kegemaran. Semisal kita gemar terhadap bola, buatlah sebuah blog yang membahas mengenai bola baik itu dalam maupun luar negeri. Ulas hal tersebut dalam blog yang dimiliki. Akan tetapi harus rajin update blog tersebut agar viewer yang dimiliki tidak kabur.
Selain Passion atau kegemaran, yang dapat meniti sebuah kesuksesan melalui internet adalah dengan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi), hal tersebut juga dapat membuat tema dalam web atau blog yang kita miliki.
Setelah mendapat banyak viewer kita dapat memberikan iklan pada blog kita misal Paypal atau yang lainnya. Setiap klik dari viewer kita akan dapat uang saku tambahan, semakin banyak klik dari viewer makan akan semakin banyak pula uang saku yang kita dapat.
Aryo menuturkan bahwa sekarang dia telah memiliki 3 penulis di websitenya, akan tetapi sebelum ada 3 orang tersebut dia menulis sendiri artikel-artikel yang ada di websitenya. Dimasa merintis kesuksesannya,  untuk menghilangkan kepenatan dalam menulis Aryo sering pergi hangout bersama teman-temannya, saat penatnya hilang dia kembali menulis lagi. Menurutnya, dibutuhkan waktu 6 – 1 tahun utnuk mendapatkan pelanggan di web/blog yang kita miliki, akan tetapi harus sering update jangan malas-malasan.
Aryo Saloko menutup sesi bicaranya dengan kalimat mutiara "Orang optimis memandang apapun yang terjadi secara positif, sedangkan orang pesimis memandang apapun yang terjadi secara negatif".

Kuliah tamu ini ditutup dengan lantunan do’a oleh panitia yang bertugas membacakan do’a yang kemudian dilanjutkan oleh senandung akustik oleh SIKustik BAND.

0 Response to "Menjadi Technopreneur dengan Internet Marketing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pendidikan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel