Orang-orang yang tidak akan masuk Surga walaupun banyak pahala

Berapakah Pahala yang anda miliki sekarang ???

Apa semua pahala yang sekarang anda miliki sudah bisa mengantarkan anda masuk kesurganya Allah ???
Saudara-saudara sekalian yang suci hatinya, tahukah anda sekhusuk apapun ibadah kita, sebanyak apapun sedekah yang dikeluarkan, sebaik apapun insan kepada saudara-saudaranya, selapar apapun dia didunia (puasa) dan walaupun telah berkali-kali menginjakkan kaki ke tanah suci, pintu neraka akan dilewatinya jika dia menjadi orang yang merugi……..
Siapa sajakah meraka ???
Pertama ialah orang-orang yang berlaku Riya’, dan apakah Riya’ itu ???
Riya’ ialah melakukan suatu perbuatan bukan karena Alah melaikan karena keinginannya untuk didihat dan dipuji oleh orang lain.
Para pelaku Riya’ hanyalah melakuan kebajikan jika ada orang yang melihatnya saja.
Lalu apakah balsan bagi orang-orang yang berlaku Riya’ ???
Para pelaku Riya’ tidak akan mendapatkan sedikitpun pahala atas ibadah-ibadah yang telah dilakukannya, mereka hanya akan mendapatkan pujian dari orang-orang yang melihatnya saja, dan kelak diwaktu kiamat
para peRiya’ akan diperlihatkan olehnya surga, mereka akan dibawa melihat indahnya surga hingga rasa ingin masuk surga yang sangat tinggi menghinggapi mereka tapi seketika juga pintu surga itu ditutup allah dan mereka langsung dibuang keneraka !!!
Dan mereka (periya’/orang yang melakukan riya’) bertanya kepada Allah
“ ya Allah kenapa Engkau memperlihatkan kepadaku surga jika aku Engkau masukkan kedalam nerakamu, jika tidak engkau perlihatkan surga kepadaku mungkin sakitnya tidak akan sesakit ini”
Dalam dunia remaja para periya’ dapat diibaratkan seperti orang-orang PHP, yang hanya membewrikan harapan palsu. Tapi tahukah anda yang sedang kalian PHPin adalah penciptamu, Dzat yang Maha Mulia yang telah memberimu hidup !!!
Dan setiap apa yang telah manusia lakukan akan mendapatkan balasan yang setimpal walaupun sekecil apapun tindakkannya itu.
Para pelaku riya’ juga dapat masuk dalam tindakkan musyrik karena ibadah=ibadahnya didasarkan atas pujian dari manusia lain bukan pujian Allah.
Lalu bagaimana agar penyakit Riya’ ini dapat kita hindari ???
Menurut pendapat saya terhindar dari jerat riya’ cukup dengan selalu menanamkan rasaIKHLAS dalam setiap tindakan yang kita lakukan. Ikhlas pun bukan perkara membalikkan telapak tangan, Cuma kita dan Allah sajalah yang tahu apakah, tapi terkadang pelakunyapun tidak tahu apakan dia sudah ikhlas atau belum. Sebagai insan yang dapat kita lakukan hanya selalu husnudlon semoga Allah memberkati dalam setiap tindakan kita. Aamiin
Yang kedua tapi yang tidak bisa diduakan yaitu ghibah, seperti apakah ghibah itu ???
Menurut wikipedia ghibah adalah menyebutkan sesuatu yang terdapat pada diri seorang muslim, sedang ia tidak suka (jika hal itu disebutkan). Baik dalam keadaan soal jasmaninya, agamanya, kekayaannya, hatinya, ahlaknya, bentuk lahiriyahnya dan sebagainya. Caranya-pun bermacam-macam. Di antaranya dengan membeberkan aib, menirukan tingkah laku atau gerak tertentu dari orang yang dipergunjingkan dengan maksud mengolok-ngolok.
Dalam bahasa yang lebih sederhana ghibah ialah membicarakan keburukan-keburukkan orang lain.
Bagi penduduk bumi ghibah sudah menjamur dalam setiap hidup bermasyaraka. Tak bisa dipungkiri kalau ghibah telah menjadi jadwal tersendiri bagi mereka. Mungkin bahasa yang lebih kita kenal dari ghibah ini adalah GOSIP, dan tahukah anda gosip adalah mentah dari fitnah!!!
Tentu kita semua sudah paham akan fitnah itu, dalam sebuah ayat menjeaskan bahwa fitnah lebih kejam dari pembunuhan.
Lalu berapa banyak orang yang telah mereka bunuh jika setiap kumpul mereka selalu membicarakan keburukkan orang lain ???
Bahkan perilaku ghibah/gosip ini telah memiliki acara tersendiri dalam media tv, yang lebih parah lagi dalam satu stasiun tv saja memiliki lebih dari dua acara gosip.
Lantas seperti apa balasan bagi orang yang suka membicarakan keburukan orang lain ???
Jika oreang tersebut masih dalam lingkup dunia mereka akan dibukakan semua keburukannya oleh Allah karena dia telah membuka aib saudara-saudaranya, dan tahukah anda cara Allah membuka aib seseorang itu jauh lebih menyakitkan daripada dibukakan manusia, bukan hanya itu penghibah diibaratkan seperti memakan daging saudaranya sendiri, jauh lebih buruk daripada memakan bangkai binatang, dan aroma yang keluar dari penghibah jauh lebih menusuk dari bangkai binatang.
Lalu seperti apa penghibah diakhirat ???
Semua penghibah pasti akan masuk kedalah neraka sebanyak apapun pahala yang mereka miliki.
Orang yang ghibah pahalanya akan mengalir keorang yang dibicarakannya, dan dosanyapun akan terus bertambah. Dan apabila orang yang dibicarakan itu merasa sakit hati, pahala dan dosa mereka yang melakukan ghibah akan mengalir seperti air sungai yang dekat dengan air terjun.
Ada sebuah cerita tentang ghibah yaitu tentang fulan bin fulan yang akan masuk kedalam surga, ketika akan memasuki pintu surga tiba-tiba datang seseorang yang berkata
“ ya Allah hamba tidak se7, hamba tidak rela, hamba tidak ridlo jika dia masuk kedalam surga, karena saat masa hidupnya dia selalu menggunjing hamba”.
Allah lalu menanyakan kepada fulan bin fulan
“apa benar apa yang telah dia katakan”.
Dan orang tersebut membenarkan.
“kalau begitu ambilah pahala sholatnya”.
Dan kemudia fulan bin fulan akan masuk kedalam surga lagi, tiba-tiba datang lagi orang lain dan mengadu hal yang sama kepada Allah, kemudia Allah memberikan pahala puasanya, dan tiba-tiba datang lagi orang yang mengadukan hal yang sama lagi, lalu Allah memberikan pahala sedekahnya.
Fulan bin fulan telah kehabisan semua pahalanya dan akan dimasukkan kedalam neraka tapi datang lagi orang yang mengadu kepada Allah tentang hal yang sama lagi.
Allah kemudian m,enjawab “tapi dia telah tidak memiliki pahala apapun lagi”.
“kalau beitu ya Allah berikanlah dosaku kepadanya”.
Saudara-saudara sekalian yang suci hatinya ghibah merupakan dosa kecil tapi menurut cerita singkat ini ghibah memiliki balasan yang sangat berat yang menghabiskan pahala-pahala pelakunya. Pesan saya berhati-hatilah dalam bertutur kata, lidah tak bertulang tapi dapat membunuh orang, lidah tak bertulang tapi bisa lebih tajam dari pedang, lidah tak bertulang tapi bisa membinasahkan, lidah tak bertulang tapi dapat membawa kedalam NAR !!!
Yang selanjutnya adalah seorang mujahid/ kiyai/ syeh/ pemuka islam yang sering melakukan kebajikan tapi juga melakukan keburukan.
Orang-orang ini juga termasuk kedalam orang munafik karena mereka sama seperti pedang bermata dua yang dapat menjadi teman maupun lawan, dan tahukah anda balasan bagi orang munafik adalah neraka jahannam !!!
Allah berfirman dalam ayat-ayatnya :
“Sesungguhnya orang-orang yang menyakiti Allah dan Rasul-Nya, Allahakan melaknatnya di dunia dan di akhirat, dan menyediakan baginya siksa yang menghinakan.” (Al-Ahzab: 57)
“Sesungguhnya jika tidak berhenti orang-orang munafik, orang-orang yang berpenyakit dalam hatinya dan orang-orang yang menyebarkan kabar bohong di Madinah (dari penyakitimu), niscaya Kami perintahkan kamu untuk memerangi mereka, kemudian mereka tidak menjadi tetanggamu melainkan dalam waktu yang sebentar, dalam keadaan terlaknat. Dimana
saja mereka jumpai, mereka ditangkap dan dibunuh dengan sehebat-sehebatnya.” (Al-Ahzab: 60-61)
“Allah mengancam orang-orang munafik laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam. Mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka; dan Allah melaknat mereka. Bagi mereka azab yang abadi.” (At-Taubah: 68).

Sebagai umat muslim hendaknya kita selalu berhati-hati dalam setiap tindakkan yang kita lakukan, sesuatu yang kecil janganlah diremehkan tapi dihindari karena semua keburukan yang besar itu berawal dari sesuatu hal yang sangat kecil.

Sebenarnya masih banyak hal-hal yang wajib kita hindari lagi, berhubung tanganku udah capek cukup disini dula ea saudara-saudara saya yang suci hatinya. Salam tulus dari saya, semoga rahmat Allah selalu ada dalam hari-hari kita. aamiin

0 Response to "Orang-orang yang tidak akan masuk Surga walaupun banyak pahala"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pendidikan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel